Tertarik dengan Hubungan Internasional? Ketahui 5 Hal Menarik yang Harus Diketahui dari Jurusan Ini

Selasa, 21 Mei 2024 | 08:08
Tertarik dengan Hubungan Internasional? Ketahui 5 Hal Menarik yang Harus Diketahui dari Jurusan Ini
Jurusan HI.- Ilustrasi kelas belajar. 5 fakta menarik dari jurusan Hubungan Internasional. - Ilustrasi Pexels/Yan Krukau.
Penulis: Nabil Aufa | Editor: Pipin L H

AyoBacaNews.com – Jurusan Hubungan Internasional (HI) adalah bidang studi yang mempelajari dinamika politik, ekonomi, dan sosial budaya antarnegara, serta mencari solusi dalam mengatasi permasalahan global.

Memahami hubungan antarnegara sangat diperlukan, dan menjadi penting dengan lulusan jurusan HI.

Kamu akan mencoba praktek dan berkarir dalam hubungan antar negara. Banyak sekali hal yang menarik dari jurusan Hubungan Internasional, simak sampai habis artikel ini ya!

Seperti dikutip dari akun Instagram @bp3_kemdikbud, terdapat 5 hal yang menarik untuk diketahui oleh kamu jika tertarik dengan jurusan Hubungan Internasional ini.

1. Memberikan Kesempatan Mempelajari Ilmu yang Luas

Hubungan Internasional merupakan jurusan yang mencakup bidang ilmu yang luas dan dinamis.

Tidak hanya mengkaji ilmu politik atau perjanjian antar negara, jurusan satu ini juga akan mengajak kamu mendalami ilmu ekonomi, sejarah, sastra, hukum, bahkan filsafat.

Artinya, kamu akan mempelajari berbagai bidang ilmu yang hampir tidak terbatas. Hal ini tentu saja akan memberikan kamu pengetahuan yang jauh lebih luas.

2. Melatih Kawan Menjadi Jago Ngomong

Salah satu hal yang membuat mahasiswa jurusan satu ini menjadi unik dan berbeda dengan mahasiswa dari jurusan lain yaitu kemampuan berkomunikasi.

Tugas-tugas kuliah di jurusan ini memang lebih mengasah keterampilan berbicara mahasiswanya, misalnya diskusi, debat, sidang, presentasi, dan kampanye.

Namun, perlu diingat ya, kemampuan ini hanya dapat diraih bila kamu bersungguh-sungguh dalam berlatih dan memperbanyak jam terbang.

3. Mengasah Keterampilan Kritis Terhadap Isu Global

Jurusan Hubungan Internasional menyajikan mata kuliah yang akan mendorong kamu memahami isu-isu internasional, misalnya mata kuliah diplomasi, filsafat ilmu sosial, politik luar negeri, politik internasional, isu-isu global kontemporer.

Kemudian, bisnis dan perdagangan internasional, pengantar studi perdamaian, dan masih banyak lainnya.

Dengan mempelajari berbagai hal tersebut, kamu akan terbiasa untuk berpikir kritis dalam memandang berbagai isu di dunia internasional.

4. Menjadikanmu Pribadi yang Berwawasan Luas

Umumnya, mahasiswa jurusan Hubungan Internasional akan “nyambung” bila diajak membicarakan berbagai bidang ilmu, ingat lagi pada poin pertama.

Bila dibekali dengan wawasan yang luas, mahasiswa jurusan HI tentu akan mudah membangun pertemanan dan relasi, kerenya lagi kamu tidak hanya berkesempatan berelasi dengan masyarakat nasional, tapi juga lintas negara bahkan benua.

5. Melatihmu Fasih dalam Berbahasa Asing

Selain dituntut untuk fasih menggunakan bahasa Inggris, kamu juga akan dituntut untuk menguasai berbagai jenis bahasa asing lainnya.

Bahkan, beberapa perguruan tinggi mewajibkan mahasiswa jurusan HI untuk mengambil pilihan bahasa asing selain bahasa Inggris.

Banyak sekali bahasa yang dapat dipilih seperti mandarin, Korea, Jepang, Perancis, Arab, atau Spanyol.

Keterampilan dalam berbahasa asing ini menjadi kelebihan yang dimiliki mahasiswa HI dibandingkan dengan mahasiswa jurusan lainnya.

Sudah tergambar bukan bagaimana jika kamu masuk jurusan Hubungan Internasional ini, selain menyenangkan jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang sangat luas. Ayo wujudkan mimpimu dengan jurusan Hubungan Internasional.(*)