Shin Tae-yong Targetkan Indonesia Menuai Hasil Positif dari Dua Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rabu, 15 Mei 2024 | 08:56
Shin Tae-yong Targetkan Indonesia Menuai Hasil Positif dari Dua Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pelatih Shin Tae-yong disambut oleh Exco PSSI seusai pulang dari Paris bersama skuad timnas U23 Indonesia. Dok: PSSI.
Penulis: Pipin L H | Editor: Pipin L H

AyoBacaNews.com - Timnas Indonesia dijadwalkan akan bertanding melawan Irak pada 6 Juni, dan Filipina pada 11 Juni 2024, dalam babak putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Berstatus tuan rumah, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menargetkan dua kemenangan pada laga Grup F yang akan berlangsung di Jakarta tersebut.

Terlebih, Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan atau tiga poin untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Namun saat disinggung mana target tiga poin yang ingin diraihnya, juru taktik asal Korea Selatan itu dengan tegas ingin menyapu bersih dua laga melawan Irak dan Filipina dengan kemenangan.

"Persiapan baik dan ada dua pertandingan di Juni nanti. Saya akan berpesan kepada pemain untuk menang pada dua pertandingan," kata Shin.

Dalam kesempatan itu, Shin pun berbicara soal peluang Calvin Verdonk (NEC Nijmegen), Jens Reven (FC Dordrecht), dan Maarten Paes (FC Dallas) memperkuat tim Garuda di kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut.

Dari tiga pemain itu, hanya Maarten Paes yang sudah menjalani sumpah Warga Negara Indonesia (WNI), sedangkan dua lainnya masih menunggu sumpah WNI.

Meski begitu, Maarten belum bisa dipastikan membela timnas Indonesia karena kiper 25 tahun itu masih menunggu hasil sidang di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), setelah pernah membela timnas Belanda U21 di Piala Eropa U21 2021 saat usia 22 tahun.

Shin mengatakan, ketiga pemain itu akan diketahui nasib kedepannya paling tidak sampai akhir bulan ini.

"Jadi, saya tidak kasih jawaban pasti karena harus hati-hati. Memang sudah sumpah (Maarten Paes), tapi harus kita lihat nanti situasinya akhir Mei bagaimana," katanya.

"Mohon doanya dari fans sepakbola Indonesia, agar ketiganya bisa bermain Juni nanti," sambungnya.(*)