Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin di Agam, Sumbar

Selasa, 21 Mei 2024 | 13:04
Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin di Agam, Sumbar
JOKOWI - Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin di Agam, Sumbar.- website/ setkab.go.id
Penulis: Aulia | Editor: AyoBacaNews

AyoBacaNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Jokowi melakukan tinjauan langsung ke lokasi bencana banjir bandang dan lahar dingin yang melanda Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), pada Selasa kemarin.

Tiba di Desa Bukik Batabuah sekitar pukul 10.00 WIB, Presiden Jokowi segera melihat secara langsung dampak dari bencana alam yang meratakan sebagian wilayah tersebut akibat banjir lahar dingin Gunung Marapi pada 11 Mei 2024.

"Penanganan bencana di Agam dan Tanah Datar sudah berjalan baik, dimulai sejak evakuasi korban dan penanganan pengungsi," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi tidak hanya melihat pengerjaan pembersihan puing bangunan dengan bantuan alat berat, namun juga meninjau pembangunan jalan dan jembatan darurat lain yang masih dalam proses.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengunjungi ratusan warga yang mengungsi di tenda pengungsian di Lapangan Batu Taba Agam.

Di sana, beliau menyerahkan bantuan langsung kepada warga terdampak, sementara Ibu Iriana turut memberikan semangat kepada pengungsi di dalam tenda.

Presiden Jokowi dalam kunjungannya didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi, antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana.

Hadir pula di lokasi bencana beberapa pejabat daerah, termasuk Gubernur Sumatera Barat, Pangdam Bukit Barisan, Danrem 032, Dandim 0304, Kapolda Sumatera Barat, Kapolresta Bukittinggi, dan beberapa kepala daerah di Sumatera Barat.

Kunjungan ini menegaskan komitmen pemerintah dalam memberikan bantuan dan dukungan bagi masyarakat yang terdampak bencana serta dalam proses pemulihan dan rekonstruksi wilayah yang terkena dampak.

Presiden Jokowi memastikan bahwa penanganan bencana akan terus dijalankan dengan optimal demi pemulihan secepat mungkin bagi masyarakat yang terkena dampak.(*)