Lebih Dari 63 Ribu Calon Jamaah Haji Indonesia Tiba di Arab Saudi

Selasa, 21 Mei 2024 | 17:00
Lebih Dari 63 Ribu Calon Jamaah Haji Indonesia Tiba di Arab Saudi
HAJI 2024 - Lebih Dari 63 Ribu Calon Jamaah Haji Indonesia Tiba di Arab Saudi.- website/kemenag.go.id
Penulis: Putik Aulia | Editor: AyoBacaNews

AyoBacaNews.com - Kementerian Agama (Kemenag) RI melaporkan bahwa sebanyak 63.823 calon jamaah haji Indonesia telah tiba di Arab Saudi pada hari kesepuluh operasional haji Indonesia.

Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda mengatakan dalam konferensi pers daring di Jakarta bahwa jumlah tersebut merupakan gabungan dari jamaah yang terbagi dalam 162 kelompok terbang (kloter).

Semua calon jamaah haji telah mendarat melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah.

Menurut Widi, calon jamaah haji tersebut merupakan bagian dari total 554 kloter jamaah calon haji Indonesia tahun ini, dengan kuota sebanyak 241.000 orang, terdiri dari 213.320 reguler dan 27.680 calon haji khusus.

Proses keberangkatan calon jamaah haji dibagi menjadi dua gelombang, yaitu gelombang pertama pada 11-23 Mei 2024 dan gelombang kedua pada 24 Mei-10 Juni 2024.

Pada hari ini, sebanyak 9.012 calon haji juga bergabung dalam 23 kloter untuk melanjutkan perjalanan dari Madinah ke Mekah guna melaksanakan umrah wajib.

Widi juga mengumumkan bahwa hingga saat ini terdapat tujuh orang calon jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia.

Kemenag menjamin bahwa seluruh calon haji yang meninggal dunia sebelum keluar dari embarkasi akan mendapatkan asuransi dan dibadalhajikan.

Kemenag memberikan imbauan kepada seluruh calon jamaah haji untuk tidak ragu meminta bantuan kepada petugas jika mengalami kesulitan selama proses ibadah.

Mereka juga diimbau untuk mengunduh aplikasi Pusaka Superapp dari Kemenag RI untuk mengakses buku panduan ibadah haji dan video praktik manasik haji, memudahkan proses ibadah haji mereka.(*)