Google Lengkapi Fitur Maps dengan Konten AR, Berikan Pengalaman Lebih Seru

Senin, 20 Mei 2024 | 10:20
Google Lengkapi Fitur Maps dengan Konten AR, Berikan Pengalaman Lebih Seru
Google tambahan fitur Maps dengan konten AR memberikan pengalaman seru bagi pengguna. Ilustrasi/Freepik.
Penulis: Pipin L H | Editor: Pipin L H

AyoBacaNews.com - Aplikasi navigasi besutan Google Maps dalam beberapa waktu yang akan datang bakal memberikan pengalaman baru yang seru, usai mendapat penambahan fitur konten augmented reality (AR).

Penambahan fitur baru Maps sudah diumumkan melalui ajang Google I/O 2024 beberapa waktu lalu, yang menunjukkan beberapa inovasi bisa kembangkan Google lewat teknologi AR geospasial miliknya.

Menurut laporan Gizmochina, menunjukkan bahwa program AR geospasial itu mengambil dua lokasi sebagai percontohan, yakni Singapura, dan Paris, Prancis.

Saat digunakan, fitur baru Google Maps ini memungkinkan pengguna untuk mengalami pengalaman AR interaktif pada gawai mereka, melalui fungsi Street View dan Lens.

Saat mencari lokasi tertentu, pengguna dapat menemukan apakah konten AR tersedia.

Jika lokasi terdekat mendukung AR, yang perlu mereka lakukan ada mengetuk ikon AR Experience pada aplikasi Google Maps, dan mengangkat ponsel mereka untuk melihat hamparan imersif.

Fitur inovatif itu tidak memerlukan kehadiran fisik di lokasi. Pengguna dapat menjelajahi pengalaman AR dari jarak jauh menggunakan Google Maps Street View, menawarkan jendela virtual ke tujuan yang jauh.

Selain itu, Google memfasilitasi berbagai pengalaman dengan teman dan keluarga, dengan menyediakan URL tautan dalam atau kode QR yang dapat dibagikan di platform media sosial.

Fitur tersebut dijadwalkan meluncur pada akhir 2024, dan dikerjakan dalam kolaborasi selama enam bulan lamanya.

Di Singapura, pengguna akan dapat memulai perjalanan yang menawan melalui tengara ikonik, seperti Chinatown, dan Gardens by the Bay.

Pengunjung Paris dapat menggunakan AR untuk mengalami eksplorasi ke masa lalu, menjelajahi modifikasi desain belum direalisasi dari Menara Eiffel.

Pengalaman awal itu menawarkan cara baru untuk mendalami kemungkinan sejarah dan budaya lewat AR geospasial.

Menyusul keberhasilan program percontohan tersebut, Google kemungkinan akan memperluas jangkauannya dengan menggabungkan lebih banyak kota, dan wilayah di seluruh dunia.

Namun, untuk rincian spesifiknya mengenai tenggat waktu terkait ekspansi ini tetap dirahasiakan.(*)