Bhikkhu Thudong Rayakan Tri Suci Waisak di Candi Borobudur setelah Menempuh Perjalanan Spiritual 1.250 KM

Selasa, 21 Mei 2024 | 15:12
Bhikkhu Thudong Rayakan Tri Suci Waisak di Candi Borobudur setelah Menempuh Perjalanan Spiritual 1.250 KM
WAISAK - Bhikkhu Thudong Rayakan Tri Suci Waisak di Candi Borobudur setelah Menempuh Perjalanan Spiritual 1.250 KM.- website/kabarbumn.com
Penulis: Putik Aulia | Editor: AyoBacaNews

AyoBacanews.com - Sebanyak 43 Bhikkhu Thudong dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia tiba di Candi Borobudur untuk merayakan Tri Suci Waisak 2568 BE setelah menyelesaikan perjalanan spiritual sejauh 1.250 kilometer.

Perjalanan para Bhikkhu Thudong dimulai pada 14 Mei 2024 dari Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Selama perjalanan, para Bhikkhu mengunjungi sejumlah tempat ibadah seperti masjid dan vihara, serta melakukan serangkaian kegiatan keagamaan.

Pengelola Candi Borobudur, InJourney Destination Management (IDM), menyambut kedatangan para Bhikkhu dengan hangat di zona II Candi Borobudur melalui pintu Kalpataru.

Kemudian, para Bhikkhu menuju area Marga Utama Candi Borobudur untuk melaksanakan ibadah.

Sebelum tiba di Candi Borobudur, para Bhikkhu Thudong juga singgah di sejumlah tempat ibadah di sepanjang perjalanan mereka.

Di Magelang, kota terakhir sebelum tiba di Candi Borobudur, para Bhikkhu sempat mengunjungi Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio, disambut dengan kesenian khas Tionghoa, barongsai.

Perjalanan para Bhikkhu Thudong ini juga mendapatkan pengawalan langsung dari aparat kepolisian.

Di sepanjang perjalanan, mereka mendapatkan sambutan hangat dari warga yang memberikan semangat dan rangkaian bunga sebagai bentuk dukungan atas perjalanan spiritual mereka.

Dengan selesainya perjalanan spiritual ini, para Bhikkhu Thudong siap merayakan Tri Suci Waisak di Candi Borobudur, tempat suci yang menjadi simbol penting bagi umat Buddha di seluruh dunia.(*)